Modifikasi Minerva Sach Naked 250

SALAM MODIFIKASI,,,

   Minerva Sachs Naked 250 merupakan motor terbaru asal Germany yang mempunyai tampilan “naked bike” seperti layaknya Ducati Monster. Motor ini punya sedikit kesamaan dengan Megelli 250 di bagian body dan juga kapasitas mesin yang sama yakni 250 Cc, namun motor ini mempunyai mesin SOHC Air Cooled with advanced balancer shaft, 5 percepatan dengan perputaran 1-N-2-3-4-5 dan mempunyai berat kosong 122 Kg. Kesamaan body yakni telihat dari suspensi depan teleskopik dan belakang menggunakan mono shock, dan yang lain seperti rangka, kenalpot yang terletak di bawah jok, ban, dan juga pelak yang bintang 5.
Minerva Sach Naked 250

Posisi Mesin Minerva Naked 250
Minerva Naked 250 Modifikasi


Minerva Sach Naked 250 carbon look

   Namun perbedaan dari segi body terlihat pada suspense depan naked ini lebih panjang karena menggusung konsep naked bike, selainnya sangat mirip dengan Megelli. Dan pada waktu pertama lihat motor ini di jalan, saya piker ini adalah Megelli yang fairingnya di pangkas. Motor Minerva Naked 250 ini mempunyai kisaran harga sekitar 25,9 Juta rupiah untuk OTR Jakarta.

   Namun, banyak orang yang mendapat sedikit kendala ketika ingin memodifikasi motor Minerva Nakedini menjadi layaknya Ducati Monster. Seperti yang saya baca di artikel lain, motor ini mempunyai kendala di bagian suspense depan yang masih teleskopik dan di tambahkan lagi dengan ukuran ban belakang yang kurang lebar namun mempunyai kaki-kaki yang sempit. Dan masalah pun timbul ketika ingin mengganti sokbreker depan dan belakang, yang harus memotong dan mengganti rangka utama. Supaya tidak terlalu banyak biaya yang keluar, kaki-kakinya harus di modif khusus, dan melebarkan lengan ayunnya, dengan cara memotong dan mengelas kaki kanan dan kirinya.

   Dan pada suspense depan yang ingin di ganti dengan suspense depan milik ZX1000 type Up Side Down, karena ada ketidak pasan, harus di lakukan sedikit perubahan pula dari yang standard, yakni harus di berikan steering damper dan penyesuaian segitiga, dan menambah sudut kemiringan suspense depan. Agar stabil, pihak bengkel modifikasi pun menginstal semacam peredam. Karena suspense sudah milik ZX1000, ban standart pun kurang mendukung, sehingga harus mengganti pelek 3,5 X 17 dan ban shinko ukuran 120/70-17, agar Sach Naked 250 mendapat hasil yang mendekati Ducati Monster.

   Dan sentuhan ahir untuk kesan “naked bike”, Minerva Naked 250 pun di berikan sedikit “carbon look” di bagian tertentu seperti tangki bahan bakar, kepala, dan buritan layaknya moge eropa. Pada sentuhan tangki BBM, hanya mengikuti lekukan tangki standard aja. Tangki besar yang mampu menampung bahan bakar 11 liter memang cukup mantap jika di berikan sentuhan carbon look agar lebih sangar, dan yang lainnya masih standard.

   Posisi mesin si kuda besi Minerva Sach Naked ini pun sudah oke, yang persis seperti yang di pake Scorpio dan Tiger, yakni di berikan dua buah pipa besi di bagian bawah mesin sebagai tempat perekatan mesin dengan body dan juga untuk menjaga mesin agar kokoh.
   Sekian dulu pembahasan kali ini, dan terima kasih untuk anda.

SALAM MODIFIKASI…

Minerva Sachs Naked 250 CC S Test Drive - megelli naked